Minggu, 03 Juni 2012

Anak Indonesia Harapan Masa Depan

Dipundak merekalah beban estafet perjuangan Bangsa Indonesia, dipundak merekalah nasib Bangsa Indonesia akan ditentukan, kepada merekalah harapan Bangsa Indonesia dikemudian hari.

Nasib Bangsa Indonesia memang terletak di tangan generasi muda khususnya Anak Indonesia. Mau dibawa kemana Bangsa ini terletak ditangan Anak Indonesia. Untuk itu sangat diperlukan Anak Indonesia yang cerdas, pintar, serta mempunyai wawasan yang luas.

Semua Anak Indonesia mempunyai hak yang sama untuk menjadi Pemimpin, semua Anak Indonesia mempunyai hak yang sama untuk mengenyam pendidikan. Tapi ternyata tidak semua Anak Indonesia bisa mengenyam Pendidikan formal sampai Sekolah Dasar walaupun saat ini biaya Sekolah Dasar sudah Gratis.

Untuk menjadikan Anak Indonesia Harapan Masa Depan, kita harus menyiapkan dan peduli dengan kondisi Anak Indonesia saat ini. Beberapa faktor yang terkait kesiapan Anak Indonesia juga turut menunjang keberhasilan Anak-anak Indonesia.
Anak Indonesia Harapan Masa Depan


Anak Indonesia Harapan Masa Depan

Menurut pendapat saya pribadi, ada beberapa faktor yang terkait dalam menunjang keberhasilan Anak Indonesia adalah :


Peran Orangtua
Peran Guru
Peran Lingkungan

Peran Orangtua : Orang yang paling duluan menjadikan Anak menjadi orang yang sukses adalah Orangtua. Bimbingan serta arahan Orangtua menjadi kunci utama perkembangan Anak. Suasana dalam rumah, suasana dalam keluarga, suasana sehari-hari didalam rumah, sangat menentukan masa depan anak. Keluarga yang harmonis sangat mendukung masa depan anak. Pendidikan dengan cara kekerasan didalam rumah tangga sudah tidak zamannya lagi saat ini. Bahkan kekerasan terhadap anak sudah dilindungi oleh hukum.

Peran Guru : Disamping peran Orangtua dirumah, peran guru di pendidikan formal dan non formal sangat menentukan Masa Depan Anak Indonesia. Pembentukan watak dan karakter anak memang ada yang tergantung di pendidikan formal dan non formal. Biasanya jika peran orangtua kurang mampu dalam pendidikan anak maka peran guru menjadi faktor penting pendidikan anak. Bagaimanapun jasa Guru sangat bermanfaat dalam pendidikan Anak. Untuk itu Guru menjadi penentu pendidikan Anak Indonesia.

Peran Lingkungan : Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan Anak. Lingkungan yang baik, islami, harmonis, pasti akan mencetak Anak Indonesia yang baik. Banyak memang Anak Indonesia yang terpengaruh dengan lingkungan sehingga terjerumus ke hal-hal yang negatif. Untuk itu pengawasan dari orangtua, guru, dan orang-orang disekitarnya sangat mendukung agar anak tidak terpengaruh ke hal-hal yang negatif terutama miras dan narkoba.

Itulah 3 faktor pendukung untuk menjadikan Anak Indonesia menjadi Harapan Bangsa. Ke 3 faktor tersebut harus peduli terhadap perkembangan anak agar menjadi anak yang baik, berbudi dan taat kepada Allah SWT, orangtua, guru, dan lingkungan sekitarnya.

Dengan demikian kita akan memperoleh Anak Indonesia yang cerdas, berbudi, handal, menjadi penerus Bangsa Indonesia sebagaimana yang kita cita-citakan.

Inilah Anak Indonesia Harapan Masa Depan, generasi penerus Bangsa Indonesia sebagaimana yang kita harapkan.


Anak Indonesia Harapan Masa Depan

Masih banyak problem Anak Indonesia seperti Anak Jalanan yang semakin hari semakin bertambah, Anak Putus Sekolah, Anak Miskin, Anak Gelandangan, yang semuanya menuntut kepedulian kita semua untuk menjadikan mereka Anak Indonesia Harapan Masa Depan.

Beberapa potret realita kehidupan Anak Indonesia yang membutuhkan kepedulian kita untuk menjadikan mereka sama dengan Anak Indonesia lainnya yang bisa menjadikan mereka Anak Indonesia Harapan Masa Depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar